Home > Artikel Kuliner > Hangat Memikat Creme Brulee Jahe ala Chef Farah

Hangat Memikat Creme Brulee Jahe ala Chef Farah


JAKARTA–Apa jadinya bila konsep seksi dan lezat digabungkan? Tapi, tunggu dulu, semoga Anda tidak membayangkan hal yang negatif. Sebab, konsep yang dibicarakan lebih terfokus pada lidah dan sedikit memanjakan mata.

Bila bicara seni memasak, Anda bakalan familiar dengan nama-nama macam Rudi Choirudin atau Bara Pattiradjawane. Tapi kini, aspirasi kaum adam yang kerap terpinggirkan lantaran kehadiran chef pria bisa terjawab dengan kehadiran sosok Farah Quinn. Perempuan kelahiran Bandung ini, tidak hanya menghadirkan sajian yang nikmat di lidah tapi juga sedap dipandang.

Farah, merupakan Chef perempuan yang berhasil keluar dari dominasi chef pria di jagat memasak tanah air. Perempuan yang sempat bekerja di restoran Italia ternama di Pittsburgh, Pennsylvania, AS ini dikenal menyajikan inovasi menu yang dijamin mantap dan tentu saja, seksi dalam sebuah acara memasak bertajuk Ala Chef di salah satu stasiun TV swasta.

Ketika ditemui di sebuah acara pada akhir pekan lalu, Farah sedang membuat makanan penutup yang tak kalah menarik. Di depan tamu undangan di restoran Immigrant, Plaza Indonesia Extension, Jakarta,  Farah demo memasak Gingger Creme Brulle.

Meski tidak menyajikan makanan seksi, para tamu undangan nampaknya cukup terhibur dengan keahliannya dan gaya berbusana Chef nan modis. Dia kenakan baju chef berwarna hijau (baju chef biasanya putih), dengan bawahan celemek berwarna hitam dipadu dengan celana jeans. Chef Farah nampak begitu cantik dan (lagi-lagi) seksi, lagi murah senyum.

Tak perlu waktu lama, hanya 15 menit, Chef farah menyajikan menu hasil inovasinya. Menu ini merupakan sejenis krim yang dioven sehingga tampak seperti puding. Selain mudah dibuat dan menu ini bisa dinikmati berbagai usia. “Setiap demo saya selalu masak yang mudah dan cepat supaya orang tidak berpiki memasak itu sulit,” tutur Farah yang tak pelit mengumbar senyum.

Kekuatan utama menu yang disajikan Farah terletak pada kekuatan rasa jahe yang hangat. Jahe merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama bermanfaat bagi tubuh. Tak hanya sekedar menghangatkan, jahe juga diyakini menambah nafsu makan,serta menjaga kebugaran tubuh.

Manfaat demikian begitu  tepat bila mengacu pada cuaca Jakarta yang tidak menentu, kadang hujan dan panas datang silih berganti. Sebab itu, menu ini bisa dimodifikasi sebagai sajian saat hujan tiba.

Selain rasa jahe, menu ini juga didominasi lembutnya kuning telur yang sudah berbaur pas dengan gula, krim, vanila dan perasan jeruk limo. Anda tidak akan menemukan rasa amis dari telur melainkan nuansa jahe dengan balutan puding telur yang lezat.

Seperti yang diutarakan Farah, setiap menu yang disajikan tidaklah sulit dibuat. Bahkan anda, yang tidak begitu mahir memasak namun memiliki tekad untuk membuat sajian bisa mencobanya.
Video Terkait :
http://www.republika.co.id/tv/666
Ginger Creme Brulle

Bahan-Bahan :

135 gram kuning Telur
100 gram gula putih

475 ml krim
1 sendok makan vanila
45 gram jahe
3 tetes jeruk limo
Untuk Toping, bisa dipilih antara strawberry, anggur, atau buah-buahan lainnya.

Cara membuat :

Kombinasikan krim dan vanila dalam sebuah wadah. Masak hingga panas tapi jangan sampai mendidih. Temperatur mesti berada pada 88′ derajat Celsius.
Lalu, masukan olahan tadi dengan menaruh kuning telur, gula, jahe dan perasan jeruk limo. Saat menaruh bahan-bahan harus berurutan. Aduk hingga semua bahan padu.
Setelah padu, siapkan oven dengan temperatur 180 derajat celsius, lalu taruh bahan yang sudah diolah dalam wadah cetakan. Kemudian letakan wadah cetakan pada nampan yang diberikan air setinggi 2 cm. Lalu, tutuplah wadah cetakan dengan aluminium foil dan panaskan dioven antara 22-26 menit.
Usai kelihatan tampak berwarna oranye, itu tanda sudah masak. Lalu sebagai toping, taburkan gula diatasnya, dan bakarlah dengan blow torch, atau alat penyempor api berbentuk mini.
Bakarlah secara perlahan dan merata pada bagian atasnya. Hentikan bila gula sudah berubah menjadi kerak berwarna kehitaman. Bila tidak memiliki Blow Torch, bisa digantikan dengan oven yang memiliki pemanas di atasnya. Tidak sulit bukan? Selamat mencoba. cr2/rin

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: