Home > Artikel Ibu dan Anak > Tips Konsumsi Obat bagi Ibu Menyusui

Tips Konsumsi Obat bagi Ibu Menyusui


Bagi wanita hamil dan menyusui, konsumsi obat-obatan harus benar-benar diperhatikan. Sebab, kandungan zat-zat dalam obat tersebut dikhawatirkan dapat mempengaruhi janin atau bayi yang sedang disusui.

American Academy of Family Physicians memberikan saran mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum wanita hamil dan menyusui mengonsumsi obat-obatan, antara lain:

Jika harus mengonsumsi obat yang diminum, lakukan setelah menyusui. Hal itu perlu dilakukan agar obat-obatan memiliki waktu untuk berada dalam sistem tubuh beberapa saat.Secara umum, obat jenis asetaminophen merupakan pereda rasa sakit yang aman bagi ibu menyusui. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.Jangan minum obat jenis aspirin selama menyusui karena bisa menyebabkan pendarahan pada ibu dan ruam kulit pada bayi.Hindari juga konsumsi obat jenis antihistamine untuk jangka panjang selama menyusui.Cek apakah ada kemungkinan efek samping dari obat yang dikonsumsi ibu pada bayi. Terutama gejala awal seperti sulit bernapas atau ruam kulit.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: